Penyebab Motor Ngebul Pada Mesin 4 Tak dan Cara Mengatasinya

Automilenia.com – Mesin motor pada daya 4 Tak merupakan mesin yang tergolong ramah lingkungan, karena tidak mengeluarkan sisa pembakaran yang banyak dan juga tidak mengeluarkan suara yang bising / keras seperti hal nya mesin motor 2 Tak. Dengan alasan tersebut untuk saat ini mesin dengan daya 4 Tak lebih banyak di produksi dari pada mesin 2 Tak. Tapi meskipun mesin motor dengan daya 4 Tak ramah lingkungan dengan tidak mengeluarkan asap pekat atau ngebul, terkadang dengan adanya kerusakan komponen atau penyebab lainnya dapat membuat knalpot mesin motor mengeluarkan asap yang banyak.

Hal ini membuat si Tuan motor tidak enak diri dengan lingkungan dan mungkin malu. Dan diharuskan memiliki tindakan untuk membereskannya, karena bisa berdampak pada kerusakan komponen lain nya yang masih baik jika terus menerus tidak dibetulkan.

Penyebab Motor Ngebul Pada Mesin 4 Tak dan Cara Mengatasinya

Penyebab motor ngebul

Dibawah ini kemungkinan yang terjadi ketika mesin motor kamu ngebul dan cara mengatasinya :

1. Ring Piston Kena (aus)

Jika Ring Piston motor kamu sudah aus atau menipis dan juga daya rekat ke piston / seher sudah tidak standar maka akibat yang terjadi adalah kebocoran proses kompresi pada mesin sehingga oli yang digunakan pada pelumasan sekeliling luar Piston merembes kedalam ruang dalam silinder dan oli tercampur dengan proses kompresi sehingga dalam proses pembuangan udara mengeluarkan asap yang pekat dan ngebul karena dari pembakaran oli tersebut.

Cara mengatasinya yaitu ganti Ring Piston dengan yang baru, cek juga apakah Piston nya sudah aus atau belum karena biasanya Ring Piston yang kena bisa saja berbarengan dengan Pistonnya yang aus.

Baca juga : Penyebab Motor Susah Hidup dan Cara Mengatasinya

2. Silinder Mesin Kena (aus)

Berbicara Silinder mesin maka masih mengulas daerah piston motor, Silinder mesin yang aus bisa terjadi karena ada gesekan dengan piston atau ring nya. Ring piston yang sudah rusak dapat menyebabkan goresan pada Silinder mesin, kalau sudah tergores maka pelumasan oli mesin tidak maksimal lagi, hal ini menyebabkan motor ngebul pekat ada lubang pembuangan knalpot.

Cara memperbaiki penyebab motor ngebul gara-gara Silinder mesin aus dengan cara korter lubang Silinder atau memperbesar lubang Silinder sehingga goresan yang ada dapat rata kembali.

3. Seal Katup Bocor

Ini juga masih seputar mesin, katup atau valve pada mesin berfungsi untuk memberikan udara untuk proses pembakaran dan juga mengatur gas sisa pembakaran untuk dibuang (intake dan exhaust). Dengan adanya kebocoran pada Seal / Perekat Katub dapat menyebabkan oli pelumasan merembes kedalam ruang pembakaran sehingga pembakaran yang tercampur dengan oli menyebabkan timbulnya asap pekat, dan mesin motor pun menjadi ngebul pada pembuangan knalpot.

Cara mengatasinya yaitu ganti Seal katup dengan yang baru dan tes kerenggangan katup agar standar kembali.

4. Pemasangan Klep Tidak Tepat

Klep katup ini masih sama dengan pembahasan poin diatas, jika pemasangan Klep katup tidak benar atau tertukar satu dengan yang lain maka bisa menyebabkan kerenggangan katup. Meskipun sama-sama katup intake, posisi 2 katup ini tidak boleh tertukar dalam pemasangan, karena memiliki sedikit perbedaan kerenggangan, sehingga pemasangannya harus tepat.

5. Packing Silinder Rusak

Jika terjadi asap ngebul baik pada knalpot atau area mesin penyebanya bisa terjadi karena Packing Silinder Rusak atau sudah bocor. Packing ini berada pada tengah-tengah antara sambungan kepala silinder mesin dengan blok mesin yang menghubungkan dengan ruang bakar, jika Packing rusak maka kemungkinan oli akan rembes dan juga udara luar akan masuk, sehingga oli yang masuk ke ruang pembakaran dapat menyebabkan asap ngebul pada mesin dan juga knalpot motor.

Cara mengatasinya penyebab motor ngebul yaitu ganti Seal / Packing Kepala Silinder dengan yang baru, dan harus benar-benar rapat.

6. Oli Terlalu Encer

Oli mempunyai kadar ukuran kekentalan (SAE) tersendiri, sehingga kamu harus tau tipe motor dengan daya CC kecil dan besar harus berbeda kekentalan Oli nya. Oli yang terlalu encer dapat menyebabkan masuk ke sela-sela seal / packing sehingga bisa masuk ke ruang pembakaran dan mengakibatkan adanya asap pekat.

Oli mesin motor yang baik bisa ditentukan dari tipe motor dan daerah suhu berada, jika dalam wilayah suhu tropis maka oli yang baik adalah memiliki SAE diatas 20 dengan kekentalan yang cukup sehingga baik untuk pelumasan. Data spesifik oli dapat dilihat pada bagian wadah oli tersebut.

Baca juga : Penyebab Motor Mati Total dan Cara Mengatasinya

7. Karburator Kotor

Selain penyebab ngebulnya asap motor pada mesin, pada area komponen Karburator pun bisa terjadi, jika kondisi Karburator kotor maka proses pembentukan Gas dari uap bensin juga ikut kotor, kemudian masuk ke ruang pembakaran dengan kondisi kotor, sehingga akan mengeluarkan pembuangan asap yang kotor pula.

Solusinya penyebab motor ngebul adalah lakukan service rutin secara berkala terhadap keseluruhan komponen mesin yang sangat menunjang dari pada pergerakan mesin motor, sehingga terawat dan selalu bersih.

8. Efek Dari Knalpot

Jika semua komponen penting atas sudah di cek dan tidak mengindikasikan adanya kerusakan maka kamu perlu mencurigai komponen knalpot, karena knalpot sendiri bisa menyebabkan timbulnya asap ngebul pada sepeda motor, diataranya karena knalpot yang korosi / kerak dan juga knalpot yang modifikasi.

Jika knalpot terdapat kerak karena tumpukan sisa asap pembuangan yang menempel, maka tiap kali asap keluar lewat knalpot juga dipastikan akan berwarna hitam karena diakibatkan dari kerak tersebut. Solusinya adalah bersihkan kerak knalpot sampai bersih dan lihat bedanya.

Untuk knalpot yang dimodifikasi juga bisa menyebabkan asap pembuangan ngebul dan banyak meskipun tidak berwarna hitam, ini terjadi bisanya karena bensin yang dikeluarkan dari karburator lebih banyak dari biasanya, karena knalpot modifikasi yang racing membutuhkan semprotan bensin yang lebih tinggi untuk menambah kemampuan motor tersebut, efek dari itu asap pembuangan pada knalpot menjadi banyak.

Jika ingin terhindar dari asap motor yang ngebul lebih baik kecilkan setingan bensin pada karburator atau kembalikan knalpot dengan yang standarnya.

Semoga tips cara mengatasi mesin motor ngebul ini bisa terpecahkan, dan kamu bisa merawat sepeda motor lebih baik lagi.

One Response for Penyebab Motor Ngebul Pada Mesin 4 Tak dan Cara Mengatasinya

  • banyak juga ternyata penyebab mengapa motor bisa ngebul, jadi bingung untuk ngeceknya. Kalaupun di cek pasti ribet juga yah, karena harus di cek satu-satu. Tapi terima kasih atas tips dan informasinya min, sangat berguna untuk menyelesaikan problem motor ngebul hihihi 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *