Ini Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya (Penting)

Automilenia.com – Sepeda motor adalah alat transportasi yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, pastikan untuk menunjang kelancaran saat digunakan peforma motor kamu harus dalam kondisi baik, cek semua unit dari depan, seperti: Rem, lampu, sampai belakang: Ban, Rem dan lampu rem. Begitu juga dengan peforma mesin harus dalam kondisi baik, tidak brebet, tidak lansam atau gas tekor begitu juga dengan bahan bakar harus ada. Semua harus kamu cek sebelum bepergian baik jarak dekat maupun jauh. Dari beberapa poin yang harus kamu kontrol ketika sebelum berkendara, saya akan lebih berfokus kepada bagaimana cara mengatasi ketika motor dalam kondisi brebet, dan penyebab-penyebab lainnya pun akan saya bahas dalam artikel lainnya.

Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya (Penting)

Penyebab motor brebet dari Karburator motor

Ciri-ciri motor kamu dalam kondisi brebet atau kurang tenaga antara lain:

  • Suara mesin tidak stabil
  • Tarikan gas motor putus-putus
  • Suara mesin nembak-nembak

Jika peforma motor kamu dalam kondisi seperti itu segeralah untuk diperbaiki untuk menghindari mogok atau mati total di pertengahan jalan, sehingga perjalanan kamu tidak terganggu.

Biarpun kamu tidak begitu paham dengan otak atik mesin dan perawatannya, tidak salah jika kamu tau penyebab motor brebet bisa terjadi dan cara mengatasinya, simak dibawah ini :

1. Karburator mesin kotor

Jika ini terjadi, kamu bisa bersihkan Karburator dengan membukanya, atau bawa ke tempat servis terdekat.

2. Selang bensin motor mampet

Selang bensin yang tidak mengalir dengan baik atau mampet dapat menyebabkan motor kamu menjadi brebet dan kehilangan tenaga, jika ini terjadi kamu bisa bersihkan selang bensin dari Tangki ke Karburator.

3. Tanki motor kotor

Jika ini terjadi biasanya karena motor memang sudah lama masa umurnya dan tanki sudah mulai korosi sehingga menyebabkan adanya kotoran, selain kotor juga bisa karena tangki kemasukan air sehingga mengakibatkan kompresi bahan bakar tidak sempurna.

Baca juga : Penyebab Motor Susah Hidup dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasinya yaitu bersihkan tangki motor sampai kedalam dengan mencopot tangki dari body motor.

4. Tidak Langsam

Jika suara mesin motor kamu brebet bisa kemungkinan disebabkan dari setingan Langsam yang kurang pas, ini terjadi karena pengaturan katup Gas dan Katup udara pada Karburator tidak seimbang sehingga menyebabkan motor jadi brebet. Cara mengatasinya kamu harus setel ulang setting langsamnya.

5. Pilih bahan bakar yang salah

Terkadang ini juga terjadi pada motor dengan CC 150 dan lebih. Motor dengan kapasitas mesin diatas 150cc biasanya disarankan untuk menggunakan bensin dengan minimal Oktan 95 atau Pertamax. Ini sering terjadi jika salah isi bensin dengan Oktan dibawah nilai itu, seperti Premium yang hanya memiliki Oktan 90.

6. Filter udara atau saringan udara kotor

Jika Filter udara kotor, cara mengatasinya bisa dengan membersihkan filter udara, atau jika sudah rusak bisa diganti dengan yang baru, karena komponen ini sangat penting.

7. Busi

Jika Busi sudah rusak atau kotor maka motor kamu bisa menjadi Brebet atau bersuara nembak-nembak sehingga peforma jadi kurang maksimal. Cara mengatasinya yaitu bersihkan Busi dan atur ulang kerenggangan pengapian, jika dilihat Busi sudah rusak sebaiknya ganti dengan yang baru.

Baca juga : Penyebab Motor Mati Total dan Cara Mengatasinya

8. Kerusakan sensor injeksi

di jaman milenial ini kebanyakan sepeda motor sudah menggunakan teknologi full injeksi sehingga perlu perawatan terhadap menunjangnya peforma mesin. Sebaiknya lakukan Service Injeksi rutin setiap waktunya tiba, hal ini untuk menjaga kerusakan pada sistem Injeksi.

9. Setelan klep tidak sesuai

Terjadinya motor brebet juga bisa diperoleh dari Klep mesin yang salah setel, jika ini terjadi kamu harus setel ulang klep bensin dan angin yang ada pada silinder atau kepala mesin.

Itu dia beberapa penyebab motor brebet yang dapat kamu pelajari, sehingga perjalanan kamu aman dan lancar. Saran jika motor kamu ingin dalam kondisi prima setiap harinya, kamu bisa rencanakan selalu Servis rutin setiap 1000-2000km atau 2-3 bulan sekali, mana yang lebih dulu tercapai. Sehingga kondisi motor selalu terawat. Selain motor selalu prima, motor juga akan lebih awet. Mesin motor yang brebet ini bisa terjadi pada mesin 4 tak dan 2 tak ya.

Semoga pembahasan tentang penyebab motor brebet ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *