Penyebab Motor Boros Bahan Bakar (Bensin) dan Ini Solusinya

Automilenia.com – Sepeda motor yang kita gunakan setiap hari adalah benda penting yang harus kita rawat agar dalam pemakaian terasa selalu nyaman dan awet, hal ini wajib kita lakukan untuk memperpanjang usia motor dan akhirnya mengurangi budget yang tidah harus semestinya dikeluarkan. Selain perawatan secara berkala terhadap motor itu sendiri, hal lain yang perlu kita hindari adalah pemakaian yang mengakibatkan borosnya bahan bakar yang dipergunakan, sehingga menambah budget kantong yang harus dikeluarkan, untuk itu kamu harus tau penyebab motor bisa boros dan cara mengatasinya.

Baik motor metic dan biasa (gigi manual) bisa saja mengalami hal begini, rugi sekali jika kamu mempunyai sepeda motor yang mempunyai karakter boros bensin (bahan bakar) karena sudah pasti menjengkelkan karena dikit-dikit harus isi bensin dan sudah pasti menambah biaya operasional.

Penyebab Motor Boros Bahan Bakar (Bensin) dan Ini Solusinya

Yang Terjadi Jika Motor Boros Bahan Bakar

Jika kamu mempunyai kendala tersebut simak terus ulasan penyebab motor boros bahan bakar dan cara mengatasinya dibawah ini :

1. Setelan Karburator Tidak Tepat

Jika komponen Karburator mempunyai setingan yang salah antara udara dan pengaturan bensin membuat motor menjadi bersuara brebet atau kekecilan setingan dan bisa juga terlalu besar setingan, hal ini bisa menyebabkan motor boros bahan bakar karena setingan tidak langsam.

Hal yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah setel ulang antara lubang udara dan bensin pada pengaturan Karburator.

2. Karburator Kotor

Masih seputar Karburator, jika masalah diatas adalah settingannya untuk hal ini adalah berkaitan dengan kebersihan dalam Karburator. Karburator yang kotor dapat mengakibatkan mesin motor bekerja dengan tidak maksimal, karena pembakaran didalam ruang bakar dipenuhi dengan zat kotor dari dalam bahan bakar, hal ini menyebabkan banyak bahan bakar yang terbakar sia-sia karena adanya sisa pembakaran.

Cara mengatasinya yaitu bersihkan secara berkala komponen Kaburator setiap bulan atau setiap kali sudah cukup lama digunakan.

Baca juga : Penyebab Knalpot Motor Ngebul dan Cara Mengatasinya

3. Saringan Udara Kotor

Saringan udara merupakan komponen penting yang harus diperhatikan didalam kesatuan sepeda motor. Komponen ini berfungsi untuk menyaring udara sebelum masuk kedalam mesin pembakaran agar selalu bersih dari debu dan kotoran. Jika Saringan udara ini kotor maka yang terjadi adalah tidak lancarnya udara yang masuk ke ruang pembakaran dan juga udara yang masuk akan kotor, sehingga proses pembakaran akan terganggu, hal ini bisa menyebabkan motor boros bahan bakar.

Solusinya adalah selalu membersihkan Saringan udara setiap kali melakukan service dan ketika sudah terjadi kerak yang tebal alangkah baiknya dilakukan penggantian komponen Saringan udara yang baru.

4. Busi Kotor

Busi yang kotor membuat pengapian tidak sempurna sehingga menyebabkan banyak bahan bakar yang terbuang karena ada proses pampatan pada saluran Busi, hal ini dipastikan membuat motor boros bahan bakar.

Cara mengatasinya yaitu selalu bersihkan komponen Busi setiap kali dilakukan service dan lakukan pegantian dengan Busi yang baru ketika sudah rusak atau terlalu kotor.

5. Selang Bensin Bocor

Hal ini juga sering terjadi ketika motor kamu mengalami peningkatan dalam hal bahan bakar, biasanya terjadi ketika Selang bensin kurang rapat dalam menutupnya ketika baru ada pembersihan karburator atau saluran bahan bakar yang lain, selain itu bisa terjadi karena Selang bensin yang retak atau sobel sehingga mengakibatkan bocornya bahan bakar. Dari tetesan dan rembesan yang keluar dari selang lama-kelamaan akan menghabiskan bensin yang ada pada tangki motor dan kamu akan merasakan borosnya motor saat pemakaian.

Cara mengatasinya yaitu periksa semua saluran selang bensin yang ada, kencangkan jika kendor dan ganti dengan yang baru jika sudah terindikasi ada kerusakan / retak dan sobek.

6. Menggunakan Bahan Bakar Ber Oktan Rendah

Jangan gunakan bahan bakar yang memiliki nilai Oktan rendah, karena justru akan membuat motor kamu jadi boros. Apalagi jika tidak standar dengan kapasitas CC motor kamu, selain boros sudah pasti pembakaran tidak sempurna dan mengakibatkan motor jadi brebet dan mesin bisa mogok.

Solusinya adalah dengan menggunakan bahan bakar yang ber Oktan standar atau tinggi sesuai anjuran pabrikannya.

7. Tutup Tangki Bensin Tidak Rapat

Hal ini terkadang sepele, tapi banyak juga yang menganggap tidak ada efeknya, ternya keliru. Justru dengan tidak menutup rapat tutup tangki bahan bakar bisa menyebabkan motor boros bahan bakar karena penguapan yang terjadi didalam tangki menyebabkan bensin keluar melalui tutup yang tidak rapat, hal ini perlu diperhatikan.

Solusinya perhatikan setiap kali mengisi bensin dan selalu menutup rapat kembali.

Baca juga : Ini Penyebab Motor Jadi Brebet dan Cara Mengatasinya

8. Sistem Pendingan Radiator Mesin Bermasalah

Jika kamu mempunyai motor dengan kapasitas sedang / besar atau motor Sport yang mempunyai sistem pendingan Radiator maka pastikan jangan sampai air radiator low atau bahkan kering. Hal ini sangat penting karena komponen tersebut untuk membantu proses pendinginan mesin agar cepat dingin, jika hal ini terabaikan / lupa dalam pengisian air radiator bisa menyebabkan Overhead Engine dan mengakibatkan peningkatan penggunaan bahan bakar.

Solusinya adalah dengan selalu mengontrol isi air Radiator pendingin agar tidak pada kondisi Low / kering.

9. Efek Born Up Mesin

Born Up adalah melakukan pembesaran terhadap mesin sehingga menambah kapasitas atau daya mesin itu sendiri. Hal ini membuat CC mesin menjadi lebih besar dan sudah pasti motor menjadi lebih boros bahan bakar dari biasanya.

Solusinya mungkin untuk tidak membuat semakin boros lagi yaitu dengan memperhatikan poin-poin yang ada semua pada pembahasan ini.

10. Membuka / Menarik Gas Secara Spontan

Siapa yang suka bermain gas dengan cara membuka gas secara spontan dan diulangi terus menerus selama perjalanan dengan motor, hal ini menyebabkan motor semakin boros bahan bakar. Katup bensin yang di buka spontan dan tinggi menyebabkan katup bensin pada karburator akan membuka besar sehingga aliran bensin semakin banyak.

Yang bisa dilakukan agar motor tidak boros lagi adalah dengan membiasakan tidak membuka gas secara spontan dan tetap membuka gas dengan lembut dan pelan.

11. Knalpot Non Standar

Knalpot yang digunakan pada motor haruslah standar pabrik jika ingin mendapatkan tarikan dan setingan yang sesuai. Jika motor sudah dimodifikasi dengan mengganti knalpot dengan yang Racing maka setingan lainnya juga biasanya akan mengikuti. Hasilnya penggunaan bahan bakar akan mengingkat dan menjadi semakin boros.

Baca juga : Penyebab Motor Mati Total dan Cara Mengatasinya

12. Rem Terlalu Rapat

Hal ini menyebabkan putaran roda sesak dan membuat berat putaran, dengan begitu kerja mesin pun semakin berat dan pengemudi akan membuka gas lebih tinggi untuk mendapatkan kecepatan yang di inginkannya, padahal penyebab dari beratnya putaran roda adalah dari gesekan rek yang terlalu kuat.

Cara mengatasinya yaitu setel ulang rekatan Rem yang membuat berat putaran roda tersebut.

13. Membawa Beban Secara Berlebihan

Hal ini bisa menjadi penyebab motor boros bahan bakar karena beban yang berlebihan membuat kerja mesin motor semakin tinggi. Dengan tarikan gas yang sedang motor tidak akan bekerja dengan maksimal karena beban motor terlalu berat, sehingga tarikan gas akan selalu pada posisi membuka tinggi, hal ini akan membuat bensin semakin banyak dikeluarkannya.

Solusinya adalah jangan terlalu berat membawa beban pada sepeda motor, bawalah beban yang standar dan ringan saja untuk tidak memebratkan kerja motor.

14. Tekanan Angin Ban Kurang

Selain hal poin 13 diatas, hal ini juga bisa menyebabkan motor boros bahan bakar karena tekanan angin ban kurang, sehingga menyebabkan beban motor semakin berat.

Solusinya adalah selalu periksa tekanan angin agar peforma motor selalu baik.

Silahkan cek dari sekian penyebab motor boros bahan bakar apakah motor kamu juga termasuk, dan cari solusinya agar motor tidak mengeluarkan bahan bakar yang terlalu banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *