Penyebab Mobil Susah Hidup dan Cara Mengatasinya, Dijamin Efektif!

Automilenia.com – Pernah menstarter mobil tetapi mobil tak dapat menyala? Hal ini tentu saja menimbulkan masalah tersendiri bagi pemilik mobil, terutama jika harus segera mengendarai mobil karena tuntutan waktu yang mendesak dan tergesa-gesa. Ternyata ada cukup banyak faktor yang menjadi penyebab mobil susah hidup. Salah satunya adalah aki (accu).

Aki mobil yang telah usang dan rusak tentu saja akan memperburuk performa mobil dan menyebabkan mobil susah dinyalakan. Namun, selain aki yang menjadi penyebab terbesar mobil susah dinyalakan, beberapa faktor lain juga bisa menjadi pencetus mobil susah dihidupkan.

Di bawah ini ada beberapa penyebab mengapa sebuah mobil susah dihidupkan, terutama pada pagi hari. Simak dan baca baik-baik, yuk, Gaes!

Penyebab Mobil Susah Hidup

Mobil susah hidup

Mobil yang susah dinyalakan tentu saja akan menimbulkan kepanikan tersendiri, apalagi jika berada dalam situasi sulit seperti di tengah jalanan yang sepi atau sedang melakukan perjalanan malam hari. Walaupun ada yang dapat menangani hal seperti ini dengan mudah, namun tak jarang juga ditemukan pengemudi yang kesulitan mendapat solusi atas masalah ini.

Berikut beberapa penyebab mobil susah hidup, antara lain:

1. Busi yang bermasalah

Busi yang rusak atau kotor dapat menghambat proses bekerja sistem starter. Cek kebersihan busi dengan mengeluarkannya dan membersihkannya dengan lap bersih. Selain kotor, busi yang sudah rusak juga perlu diganti agar performa mobil tetap baik dan mudah untuk dinyalakan.

2. Dinamo Ampere

Dinamo ampere, atau istilah lainnya alternator, adalah salah satu komponen penting dalam mobil yang berfungsi menjadi jalan aliran dari listrik ke aki. Alternator yang rusak tentunya akan menyebabkan mobil susah dinyalakan, walaupun aki dalam kondisi baik dan tidak rusak. Lakukan perbaikan rutin untuk mengetahui adanya kerusakan pada alternator sebelum terlambat.

Baca juga : Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

3. Bahan Bakar Habis

Penyebab klasik mobil susah hidup adalah karena bensin yang kosong atau habis. Jangan lupa untuk selalu memeriksa volume bahan bakar mobil dan segera mengisi bahan bakar jika teah habis, agar mobil dapat menyala dengan sempurna dan perjalanan berjalan dengan lancar.

4. Saluran BBM Bocor

Hal lain yang menjadi penyebab mobil susah hidup adalah saluran bahan bakar yang bocor dapa menyebabkan bensin tidak dapat keluar dari injector karena bahan bakar mengalami penekanan yang kuat. Kebocoran saluran bahan bakar akan menyebabkan tingginya tekanan bahan bakar tidak dapat memenuhi tekanan normal pada umumnya.

Jika mobil berhenti tiba-tiba dan susah dinyalakan, lakukan pengecekan pada kolong mobil dan lihat apakah ada bensin yang menetes keluar. Jika ada, besar kemungkinan saluran BBM bocor dan segeralah mencari bantuan untuk melakukan penambalan di lokasi yang mengalami kebocoran.

5. Terjadi Error pada Kunci Emobilizer

Kunci emobilizer adalah sistem penguncian mobil yang menggunakan gelombang radio. Jika gelombang yang didapat tidak sesuai, maka hal ini akan menyebabkan mobil tidak dapat dinyalakan.

Baca juga : Penyebab Mobil Limbung / Oleng Saat Jalan dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Mobil yang Susah Hidup

Setelah mengetahui beberapa penyebab mobil susah hidup, berikut ini adalah beberapa tips aman yang wajib kamu ketahui untuk mengatasinya.

  • Usahakan bahan bkar mobil dalam kondisi penuh. Bahan bakar yang penuh akan meminimalisir kemungkinan mobil berhenti secara tiba-tiba, terutama saat berada dalam situasi yang tidak memungkinkan. Lakukan pengisian bahan bakar secara rutin tanpa perlu menunggu tangki bahan bakar terlalu kosong karena hal ini dapat menyebabkan mobil susah dihidupkan.
  • Lakukan pengecekan pada sistem aliran bahan bakar sebelum menyalakan mobil. Pastikan tidak ada kebocoran dari beberapa sisi. Aliran bahan bakar yang bocor sangat berbahaya dan dapat menyebabkan mobil tidak dapat dinyalakan. Jika ada kebocoran, segera lakukan penambalan pada posisi yang bocor agar mobil dapat kembali digunakan.
  • Lakukan perbaikan dan perawatan mobil secara berkala di bengkel resmi untuk mengetahui lebih dini adanya kerusakan pada onderdil mesin dan dapat segera diganti sebelum terlambat. Cek secara rutin kualitas bagian mesin yang dapat menyebabkan mobil susah hidup, seperti busi, aki, dan alternator atau dinamo ampere.
  • Jika pompa bensin berhenti berfungsi, cobalah lakukan beberapa kali pukulan kecil agar pompa bensin dapat berfungsi kembali. Namun jika belum ada hasil, segeralah lakukan penggantian agar pompa bensin dapat kembali berfungsi dengan normal dan mobil dapat menyala sempurna sesuai dengan harapan.

Mobil yang susah dinyalakan pastinya akan membuat kita panik. Namun setelah tahu penyebab mobil susah hidup dan cara mengatasinya, tentunya kamu sudah tahu, kan, apa yang harus dilakukan jika mobilmu tiba-tiba susah dinyalakan? Apapun penyebabnya, perawatan mobil yang maksimal akan membantumu agar mobil performa mobil tetap keren dan anti mogok.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi mesin sebelum melakukan perjalanan, ya, gaes. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *