Penyebab Mobil Pincang dan Cara Terbaik Mengatasinya

Automilenia.com – Suatu kali ketika kamu menyalakan mesin mobil pertama kali di pagi hari atau beberapa saat setelah tidak digunakan, mesin atau mobil bergetar tidak biasa. Ini yang dinamakan sebagai mobil pincang. Jika kamu mengalami hal ini, segeralah mengetahui penyebab mobil pincang yang dialami.

Mengapa perlu mengetahui penyebab mobil pincang? Kepincangan yang terjadi berarti ada masalah di dalam mesin. Meski ketika bergetar tidak biasa hanya terjadi beberapa saat, masalah dapat menular ke komponen lain jika tidak segera ditemukan dan diatasi. Pada tahap selanjutnya, laju mobil bisa tidak stabil.

Padahal mobil pincang mungkin awalnya sepele. Jika diketahui sejak awal mungkin Anda dapat mengatasinya tanpa perlu segera ke bengkel.

5 Penyebab Mobil Pincang yang Harus Kamu Ketahui

Piston Mobil

Di atas telah disebutkan bahwa sebaiknya kamu tidak menganggap remeh mobil yang pincang meski hanya terasa sebentar. Segeralah mengetahui penyebab mobil pincang dengan mengecek berbagai komponen. Untuk membantu dan memudahkan mengecek masalah mobil pincang, ketahui beberapa penyebab di bawah ini.

1. Masalah Pada Pengapian Busi

Ketika kamu merasa ada masalah dengan mesin mobil yang bergetar tidak normal, busi merupakan bagian pertama yang dapat diperiksa. Busi yang bermasalah dapat menyebabkan pembakaran tidak berjalan normal dan mesin tidak hidup.

Ceklah busi dan perhatikan kondisinya. Jika ujung busi terlihat seperti basah maka kemungkinan kamu harus menggantinya agar memperoleh pembakaran optimal.

2. Masalah Pada Koil

Koil biasanya terdapat pada silinder dekat busi. Ini mungkin saja bermasalah ketika kamu sudah mengganti busi dan tidak terlihat hasilnya. Bagian ini bisa saja bermasalah bagian koil atau silindernya.Kamu harus mencoba-cobanya dengan mengganti atau menukar posisi koil jika ingin mengetahui hasilnya.

3. Kerusakan atau Tersumbatnya Injektor Bahan Bakar

Getaran halus yang menjadi penyebab mobil menjadi pincang tidak selalu bermasalah pada bagian busi. Mungkin saja bagian lain yang berhubungan dengan pembakaran.

Salah satunya adalah tersumbatnya injektor bahan bakar atau kerusakan. Injektor bisa tersumbat karena kotoran yang menumpuk.

Baca juga : Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

4. Ring Piston Mengalami Penurunan dan Silinder Aus

Masalah lain yang dapat menjadi penyebab laju mobil kamu tidak stabil adalah tekanan kompresi mengalami penurunan. Jika kamu melihat kompresi mengalami ini, artinya ring pistonnya mengalami penurunan fungsi dan atau silinder bagian ini aus.

Di sini pentingnya kamu menjaga dan mengganti oli mesin secara teratur.Mencegah mesin menjadi aus karena gesekan di dalamnya.

5. Saringan Udara, Saringan Bahan Bakar, dan atau Iddle Peed Control Tersumbat

Tidak hanya kerusakan atau penyumbatan injektor bahan bakar yang membuat pembakaran mesin tidak sempurna. Saringan udara, saringan bahan bakar, dan iddle peed control juga dapat tersumbat kotoran.

Cara Terbaik Mengatasi Penyebab Mobil Pincang

Apa yang harus kamu lakukan ketika mobil tibda-tiba bergetar tidak normal bahkan sampai tidak mau hidup? Ini bisa saja terjadi saat pagi atau malam hari saat bengkel belum buka.

Jangan panik dulu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui penyebab mobil pincang dan mengatasinya sebelum memutuskan ke bengkel.

1. Jangan Panik dan Siapkan Sarung Tangan Karet

Ketika mobil yang kamu kendarai mengalami ciri-ciri mobil pincang apalagi sampai mesin tidak hidup, jangan langsung panik. Carilah sarung tangan karet yang biasanya ada pada peralatan sederhana mobil. Sarung tangan ini penting karena bersifat isolator sehingga dapat melindungi kamu dari mesin mobil yang masih panas dan dari energi listrik yang dihasilkan.

2. Periksalah Bagian Busi

Mobil yang pincang memang sering kali disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna, seperti telah dijelaskan di atas. Bagian busi yang mengalami kerusakan dapat menjadi penyebab pertama.Oleh karena itu kamu harus mengecek dan menggantinya terlebih dahulu.

Baca juga : Penyebab Mobil Kurang Tenaga dan Cara Mengatasinya

3. Periksalah Silinder dan Koil

Saat penggantian busi tidak memberikan hasil, kamu harus mengecek silinder dan koil. Bagian ini yang sebenarnya memercikkan api ke arah busi. Jadi, mungkin saja koil yang terpasang di silinder mengalami kerusakan.

Cabutlah silinder dan cobalah menukar koil di silinder secara bergantian sampai menemukan mana kerusakan yang tepat. Untuk memeriksa silinder dan koil jangan lupa untuk memakai sarung tangan ya! Karena untuk mencobanya sesekali kamu harus mencoba menyalakan mesin.

4. Periksa Tekanan Kompresi

Tekanan kompresi biasanya terlihat di bagian penunjuk suhu. Kamu harus memeriksa bagian silinder dan ring pistonnya. Gantilah dengan yang baru saat terlihat sudah aus.

5. Membersihkan Semua Saringan pada Mesin

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi mobil pincang adalah memeriksa dan membersihkan semua saringan pada mesin. Saringan yang kotor dapat menyumbat mesin.

Itulah 5 penyebab mobil pincang dan cara terbaik mengatasinya yang perlu kamu ketahui. Sesuatu yang remeh tetapi sangat penting karena dapat membantu kamu di saat sulit mencari bengkel.Lagi pula dengan mengetahui sendiri penyebab dan mengatasinya dengan jalan terbaik, kamu sudah menghemat biaya bengkel bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *