Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

Automilenia.com – Memiliki mobil adalah dambaan setiap orang. Kendaraan beroda empat yang efektif membantu memudahkan siapa saja dalam melakukan perjalanan ini, masih terus saja mempunyai banyak peminat. Namun memiliki mobil ternyata tak semudah yang dibayangkan. Kamu harus melakukan perawatan secara kontinyu dan rutin untuk menjaga kualitasnya agar tetap prima. Salah satu masalah klasik yang sering dijumpai adalah mobil mogok. Penyebab mobil mogok ini pun cukup beragam, namun tak banyak orang mengetahuinya.

Mobil yang mogok tentunya akan menghambat efisiensi waktu serta menguras pikiran dan tenaga. Bayangkan jika mobil kesayanganmu mendadak berhenti susah dijalankan, sementara kamu membutuhkannya untuk sebuah perjalanan yang mengharuskan menggunakan mobil agar cepat sampai tujuan. Hal ini tentu saja membawa masalah baru dan memancing emosi.

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika menghadapi situasi ini adalah tetap tenang dan jangan panik. Sebab kepanikan yang terjadi biasanya justru malah akan membuat masalah terkesan semakin sulit dihadapi dan diselesaikan. Nah, untuk memudahkanmu mengetahui penyebab mobil mogok, simak deh penjelasan di bawah ini. Semoga rasa ingin tahumu terjawab dan bisa mengatasi ketika mobilmu mogok, ya.

Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

Mobil mogok

Mobil mogok memang mengesalkan, terutama jika kamu belum mengetahui apa penyebab yang mengakibatkan mobilmu mogok dan tak bisa dijalankan. Di bawah ini adalah beberapa penyebab mobil mogok, antara lain:

1. Terjadi kerusakan pada Catalytic Converter

Catalytic converter adalah salah satu komponen dalam mobil yang berfungsi menurunkan kadar racun gas polutan dengan cara mereduksi. Jika alat ini rusak, maka bahan bakar akan memiliki terlalu banyak residu sehingga mengakibatkan masalah pada adaptor.

Kerusakan pada catalytic converter ini mengakibatkan proses pembuangan tidak dapat berjalan dengan normal dan memaksa knalpot bekerja ekstra karena akan terbebani secara berebihan. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan mesin mobil mati dan tidak dapat dijalankan. Oli pada Gearbox Habis

2. Oli gearbox Kosong atau Habis

Penyebab mobil mogok lainnya adalah gearbox yang kehabisan oli. Komponen yang mengatur gerak kendaraan dan menjadi salah satu bagian terpenting sebuah mobil ini, bisa menjadi salah satu penyebab mogoknya mobil. Untuk itu, lakukanlah pengecekan volume pelumas secara  berkala untuk menghindarkan mobilmu dari kemogokan yang menyebalkan. Adapaun seberapa banyak oli yang dibutuhkan oleh sebuah mobil adalah tergantung pada jenis mobil itu sendiri. Untuk mengetahuinya, kamu dapat mencari tahu pada buku panduan manual kendaraanmu.

Baca juga : Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

3. Overheat

Air radiator pada mobil memang seharusnya sering diperhatikan untuk menghindari hal ini. Pengemudi yang jarang mengecek kadar air dalam radiator paling sering mendapatkan masalah ini. Jika air radiator kurang atau habis, sangatlah wajar jika mobil mendadak mogok dan tak bisa dijalankan.

Radiator yang kering menyebabkan tidak adanya pendingin untuk suhu mesin yang berakibat cukup membahayakan untuk komponen mobil yang lainnya. Salah satunya yaitu piston. Komponen mobil ini dapat meleleh sehingga mesin mobil mengalami penurunan fungsi bahkan mati.

4. Masalah Kelistrikan

Masalah kelistrikan adalah hal yang wajib diketahui oleh semua pemilik mobil. Masalah kelistrikan yang sering disepelekan atau luput dari perhatian adalah kerusakan pada alternator. Padahal alternator adalah salah satu komponen penting mobil yang berfungsi untuk menyalurkan listrik ke aki. Jika hal ini dibiarkan, maka aki bisa mengalami aus dan rusak akibat suplai listrik yang kurang.

Alternator yang rusak biasanya dipengaruhi oleh usia mobil. Kebanyakan kerusakan alternator terjadi pada mobil yang telah digunakan lebih dari lima tahun. Kerusakan alternator disebabkan oleh banyaknya modifikasi dalam mobil, seperti penambahan lampu yang berlebihan.

5. Baut

Penyebab yang lainnya adalah baut. Pemeriksaan atau perbaikan yang dilakukan di bengkel, jika pemasangan baut tidak sempurna akan berpengaruh pada daya kerja sebuah mobil. Baut yang dipasang tidak boleh terlalu renggang atau rapat.

Dalam mesin mobil terdapat beberapa baut yang harus terpasang dengan tekanan yang sama. Jika tidak, maka hal ini dapat mengakibatkan kebocoran pada kompresi dan komponen lainnya hingga membuat mobil bermasalah dan mogok.

Baca juga : Penyebab Mobil Brebet dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Mobil Mogok

1. Jangan Panik

Reaksi awal seseorang ketika mendapati masalah pada mobilnya adalah panik. Kepanikan yang terjadi pada saat kondisi darurat sebenarnya justru akan membuat pikiran semakin sempit dan kesulitan untuk memikirkan jalan keluar. Tetaplah tenang jika mobil mengalami kemogokan dan segera cari tahu penyebabnya.

2. Penuhi Tangki Bahan Bakar

Untuk menghindari kemogokan, pastikan tangki bahan bakar terisi dengan optimal. Sebelum memastikan adanya penyebab lain seperti dijelaskan di atas, hal utama yang sering menyebabkan mobil mogok adalah pengisian bahan bakar yang terlambat.

3. Periksa Sistem Pembakaran

Lakukan pemeriksaan pada busi mobil. Segera lakukan penggantian jika terdapat busi yang terbakar atau meleleh akibat overheat.

Itulah beberapa penyebab mobil mogok dan cara mengatasinya yang bisa kamu jadikan referensi ketika mobil mengalami kemogokan. Jika cara di atas belum bisa menyelesaikan masalah mobilmu yang mogok, segera bawa mobil ke bengkel terdekat, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *