Penyebab Mobil Kurang Tenaga dan Cara Mengatasinya Agar Performa Semakin Kuat!

Automilenia.com – Ketika sedang asyik melaju dengan mobil kesayangan, tiba-tiba saja mobil terhenti di jalan tanjakan. Hal ini terkadang membuat kamu jengkel, kan? Selain itu kita juga tak tahu apa penyebab mobil kurang tenaga, sehingga lengkaplah sudah.

Setiap mesin mobil mempunyai jenis serta spesifikasi yang bervariatif. Namun, performa mesin tetap akan optimal jika sistem mobil bekerja dengan benar. Nah, maka dari itu perlu banget buat kamu tahu apa penyebab mobil kurang bertenaga ini, sehingga kejadian diatas dapat dihindari.

Ada banyak faktor penyebab mobil tak berperforma optimal. Salah satunya, bahan bakar yang digunakan. Namun ada baiknya kamu juga rutin melakukan pengecekan berkala pada mobil kesayangan Anda.

Beberapa faktor Penyebab Mobil Kurang tenaga

mobil kurang tenaga

Penyebab mesin mobil kurang bertenaga ini bisa dari bahan bakar. Karena dari bahan bakar ini biasanya performa mesin mampu digeber dengan sempurna. Semakin baik bahan bakar yang digunakan maka semakin baik pula kinerja mesin mobil.

Nah, maka dari itu sangatlah penting mengecek mesin berkala sehingga kamu bakalan tahu saat mesin mobil kamu sedang bermasalah. Daripada penasaran yuk simak 5 penyebab mesin kurang tenaga ini ya!

1. Cek dan Bersihkan Filter Udara

Meski terlihat sepele, peran Filter udara ini sangatlah penting. Mengingat fungsinya sebagai penyaring udara dari beragam jenis kotoran yang kemungkinan masuk ke dalam mesin mobil.Sama halnya manusia, mesin juga membutuhkan asupanoksigen dalam proses pembakarannya.

Nah, Apabila kondisi filter udara ini sudah penuh dengan kotoran maka penyerapan oksigen ke dalam mesin akan berkurang. Dan pada banyak kasus ini akan berakibat ngebul-nya serta bersuara berisik pada mesin mobil.

2. Adanya Proses Overheating Pada Mesin

Pada dasarnya merawat mesin mobil memang hal yang paling utama. Mesin dengan proses overheating akibat pendinginan mesin kendaraan yang tidak berjalan optimal. Hal ini menyebabkan komponen metal di dalam mesin mengalami pemuaiaan secara berlebihan.

Overheating ini biasanya terjadi pada piston atau di bagian silinder. Jika terjadi pemuaian padapiston sudah pasti gesekan piston dengan dinding silinder akan membesar. Tentunya kamu tahu kan, Apa yang bakalan terjadi setelah ini? Ya, gerakan mesin menjadi lebih berat sehingga kekuatannyapun menjadi berkurang, bahkan melemah dan menghilang.

Baca juga : Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

3. Pengapian yang sering Bermasalah

Penyebab mobil kurang tenaga selanjutnya adalah dibagian pengapian. Pengapian yang basah akan membuat tenaga kendaraan berkurang. Hal ini dikarenakan proses pembakaran yang bermasalah. Dan tenaga mesin otomatis menurun.

Faktor yang memperngaruhi kinerja pengapian sangatlah banyak. Salah satunya adalah kerusakan pada kabel di bagian koil maupun busi.

4. Busi Kotor

Busi, benda kecil ini nyatanya memiliki fungsi vital. Karena hasil akhir pembakaran juga dipengaruhi oleh busi ini sendiri. Sehingga kebersihan dibagian ini juga harus diperhatikan, busi yang kotor biasanya juga akan bermasalah pada mesin kamu.

Busi yang berkerak akan menghambat proses pembakaran mesin mobil kesayangan. Tentunya, kamu ga mau bukan? Masalah sepele jadi gawe? :).

5. Kopling aus dan habis

Fungsi kopling ini biasanya digunakan pada jalanan menanjak. Akan tetapi, meski menggunakan setengah kopling akan menyebabkan gesekan plat juga koling serta pressure plat, sehingga cepat aus.

Saat anda melakukan perjalanan menanjak, maka cara yang paling mudah dan paling sering kita lakukan yakni dengan menggunakan setengah kopling. Tetapi, perlu andaketahui penggunaan setengah kopling menyebabkan terjadinya gesekan antara platkoling dengan pressureplate, sehingga lebih cepat aus.

Perlu kamu ketahui, jika didaerah kopling sudah aus maka akan merembet ke bagian transmisi, karena akan mengalami slip. Hal ini juga berlaku pula ketika jalanan menanjak. Ada baiknya hindari penggunaan setengah kopling dan atur mesin sesuai jalanan agar performa mesin tidak dipaksa.

Cara Mengatasi Mobil Kurang Tenaga

Setelah mengetahui penyebab mobil kurang bertenaga ini kamu dapat segera melakukan perawatan yang pas dan sesuai. Meski kebersihan mobil ini adalah hal yang sepele namun nyatanya sangat berpengaruh bagi kinerja mobil kamu. Nah, berikut cara mengatasi masalah mobil kurang bertenaga yang dapat kamu simak.

1. Cek bahan bakar mobil kamu

Mengecek isi bahan bakar ini juga menjadi sangat penting karena berpengaruh kepada mesin penggerak mobil. Jangan biarkan sampai kehabisan ya!

Baca juga : Penyebab Mobil Susah Hidup dan Cara Mengatasinya

2. Bersihkan Filter bahan bakar

Pastikan mesin kamu selalu dalam kondisi stabil. Mesin mobil yang terlalu panas dapat memicu penurunan tenaga. Jangan lupa untuk juga mengecek air radiator sehingga tetap membuat kondisi mesin tetal dingin.

3. Cek sistem pengapian

Pastikan komponen pengapian seperti busi, koil juga lainnya. Kamu juga bisa mencoba menyalakan mesin mobil di ruangan gelap. hal ini berfungsi melihat apakah ada percikan api (kebocoran). Jika ya segeraganti komponen yang rusak.

4. TuneUp secara rutin

Ketika mobil kamu mengalami masalah segera lakukan tuneup ke bengkel mobil agar untuk segera mendapat penanganan. Perlu diingat, jika mobil tetap membaik segera lakukan pemeriksaan secara menyeluruh agar setiap komponen dalam mobil bisa berfungsi secara maksimal lagi.

Nah, kini sudah tahu, kan? Apa penyebab mobil kurang tenaga serta cara mengatasinya! Yuk rawat mesin mobil kesayangan agar mempunya performa yang prima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *