Penyebab Mobil Brebet dan Cara Mengatasinya

Automilenia.com – Mobil brebet saat di gas adalah salah satu masalah yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendara, baik bagi pengemudi maupun penumpangnya. Penyebab mobil brebet sendiri bisa ditimbulkan dari berbagai faktor, salah satunya adalah umur mobil yang sudah tua atau terlalu lama.

Selain tidak nyaman saat digunakan, mobil yang brebet saat di gas juga dikhawatirkan menimbulkan resiko lain seperti mobil yang mendadak mogok atau mati saat sedang digunakan. Mobil dengan masalah seperti ini tentunya harus mendapat penanganan khusus seperti membawanya ke bengkel untuk mendapat perawatan dan perbaikan, juga mengganti beberapa komponen yang mungkin mengalami kerusakan, agar performa mobil kembali sempurna dan layak jalan.

Penyebab Mobil Brebet dan Cara Mengatasinya

Mobil Brebet

Berikut adalah beberapa penyebab mobil brebet yang perlu kamu ketahui, di antanya:

1. Busi rusak atau kotor

Salah satu penyebab mobil brebet adalah busi yang kotor atau rusak. Cek kondisi busi mobilmu secara berkala untuk mengetahui tingkat kualitas busi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain adanya kotoran pada busi, terjadinya perubahan pada pemantik busi atau spark plug gap juga menjadi faktor pemicu terjadinya brebet pada mobil. Gap yang terlalu rapat atau renggang akan mempengaruhi proses pembakaran sehingga mobil tidak dapat berfungsi dengan sempurna.

2. Kebocoran pada kabel busi

Selain busi yang kotor atau rusak, terjadinya kebocoran pada kabel busi juga dapat menimbulkan brebet pada mobil. Dalam kondisi darurat, lakukan penambalan pada posisi bocor dengan melekatkan isolasi listrik tahan panas untuk menutup kebocoran. Tapi jangan lupa untuk menggantinya dengan yang baru agar mobilmu tidak brebet dan nyaman saat dikendarai.

Baca juga : Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

3. Masalah pada Ignition Coil

Masalah pada ignition coil atau koil biasanya terjadi karena nilai resistensi kumparan koil yang mulai membesar. Masalah koil ini kebanyakan ditemukan pada mobil yang menggunakan koil untuk tiap businya. Bahaya lain yang ditemukan pada mobil yang menggunakan satu koil untuk beberapa busi sekaligus, bukan hanya bunyi brebet yang akan mengganggu nyamannya berkendara, tetapi juga dapat menyebabkan mobil mogok dan sulit untuk dihidupkan kembali.

4. Sensor EFI yang Bermasalah

Electronic Fuel Injection atau EFI yang banyak digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru, rupanya tidak selalu menguntungkan. Sensor EFI yang bermasalah juga dapat menyebabkan mobil brebet ketika dinyalakan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah Coolant Temperature Sensor yang bermasalah sehingga kondisi suhu dan temperatur coolant air radiator tidak dapat terdeteksi, sehingga menimbulkan brebet pada mobil

Cara Mengatasi Mobil Brebet

Setelah mengetahui beberapa penyebab mobil brebet, kini saatnya kamu juga perlu tahu, bagaimana cara mengatasi mobil yang brebet agar perjalanan dapat berlangsung nyaman hingga ke tempat tujuan.

1. Periksa selang tangki

Lakukan pemeriksaan pada selang tangki mobilmu yang mengarah ke pompa bensin. Cek apakah ada kerak dan kotoran yang menggumpal dalam tangki. Jika tangki dipenuhi oleh kerak dan kotoran, hal inilah yang dapat menyebabkan mobil brebet saat di gas. Segera bersihkan tangki mobilmu sebelum kotoran dan kerak semakin penuh dan banyak, hingga menyebabkan pompa bensin kehilangan fungsi dan mati.

2. Periksa Kebersihan Filter BBM

Hal lain yang biasanya menjadi penyebab mobil brebet adalah adanya kotoran yang menggumpal di filter bensin. Filter bensin sendiri memiliki dua katup berbeda yang selang pompa bensin dan karburator. Kotoran yang menumpuk pada filter bensin akan menyebabkan mobil brebet dan susah dinyalakan.

Baca juga : Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

3. Cek Fungsi Busi

Busi adalah salah satu komponen mobil yang cukup penting. Lakukan pengecekan pada fungsi busi dalam mobil agar mobil tidak brebet ketika dinyalakan. Untuk mengetahui apakah busi masih berfungsi atau tidak, tempelkan busi pada metal mesin. Jika busi sudah tidak mengeluarkan api, artinya busi tersebut sudah usang dan saatnya diganti. Sebab busi yang rusak bisa menyebabkan mobil brebet ketika dinyalakan. Jangan lupa ketika mengganti busi, usahakan busi yang baru memiliki merk yang sama dengan busi yang sebelumnya. Sebaiknya pilihlah busi yang banyak disarankan oleh bengkel-bengkel profesional demi mengembalikan performa mobilmu agar tidak brebet.

4. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Untuk menghindari brebet pada mobil, pilihlah bahan bakar berkualitas super seperti pertamax atau pertamax plus agar mobilmu tidak lagi brebet. Bahan bakar yang berkualitas akan membuat mobilmu aman dan nyaman ketika digunakan, dan tentu saja dapat mencegah brebet ketika dinyalakan.

5. Cek Kabel Busi

Selain beberapa cara di atas, cobalah melakukan pengecekan pada kabel busi ketika mobilmu brebet. Kabel busi juga bisa menyebabkan mobil brebet jika mengalami keretakan atau pecah pada bagian katup. Jika kabel busi rusak seperti ini, segera lakukan penggantian di bengkel resmi terdekat.

Itulah beberapa penyebab mobil brebet dan cara mengatasinya yang dapat kamu jadikan referensi dan tambahan pengetahuan agar kualitas mobil tetap terjaga. Selamat mengemudi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *