Penyebab Mobil Boros BBM dan Cara Mengatasinya Supaya Lebih Hemat

Automilenia.com – Penyebab Mobil Boros BBM adalah salah satu hal yang perlu diketahui oleh para pengendara mobil. Penggunaaan bahan bakar pada mobil yang boros tentu saja akan membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit dalam perawatannya. Meskipun mobil yang kamu miliki sudah didukung oleh teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), namun tetap saja banyak mobil yang boros BBM.

Setiap orang pasti menginginkan mobil yang irit bahan bakar saat pertama membelinya. Sehingga banyak para produsen mobil mengeluarkan produk mobul terbaru yang hemat dan irit bahan bakar. Namun mengapa masih banyak saja mobil yang boros BBM sehingga dikeluhkan para pengendara?

Secara teori, salah satu hal yang menyebabkan borosnya mobil terhadap BBM adalah penekanan pedal gas yang dalam. Karena semakin besar kekuatan mobil, maka semakin besar pula BBM yang harus dikeluarkan.

Wajib Diperhatikan! Berikut Penyebab Mobil Boros BBM

mobil pengisian bbm

Berikut adalah beberapa penyebab mobil boros BBM yang perlu diketahui, antara lain:

1. Usia Mobil

Seperti halnya kendaraan lain pada umumnya, semakin lama mobil digunakan, maka semakin menurun pula kualitasnya. Hal ini yang menjadi penyebab umum borosnya bahan bakar sebuah mobil. Hal ini lah yang akan mengakibatkan melejitnya kebutuhan BBM.

2. Filter Udara yang Kotor

Tak banyak diketahui, filter udara yang terkadang jarang diperhatikan, ternyata justru menjadi salah satu penyebab mobil boros BBM. Bersihkan filter udara secara berkala untuk menghindari terjadinya knocking yang dapat menyebabkan BBM cepat habis.

Filter udara dalam mobil berfungsi untuk menyaring kotoran yang masuk seperti debu, kertas, dan benda lain agar kondisi udara dalam ruang bakar tetap terjamin kebersihannya. Tumpukan debu yang jarang dibersihkan akan menyebabkan filter udara menjadi kotor dan memacu bensin cepat habis.

3. AC Terlalu Sering Dinyalakan

Hal lain penyebab mobil boros BBM adalah AC yang terlalu sering dinyalakan dengan temperatur tinggi. Ketika AC dinyalakan dalam suhu yang tinggi, kompresor akan terputar lebih cepat dari biasanya. Hal ini yang akhirnya menyebabkan BBM mobil cepat habis dan boros. Gunakan AC dengan temperatur suhu yang sedang untuk memperirit penggunaan BBM.

Baca juga : Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

4. Ban yang Kempes

Siapa sangka, hal sepele seperti ini ternyata justru menjadi salah satu penyebab mobil menjadi boros bahan bakar. Ya. Hanya karena ban yang kempes, bensin mobilmu bisa habis dalam waktu cepat. Alasannya, karena adanya pelebaran pada dinding ban yang menyebabkan adanya gesekan pada permukaan jalan, sehingga mobil memerlukan tenaga ekstra untuk terus berjalan. Hal ini yang akhirnya memicu bensin untuk cepat habis, diluar penggunaan yang biasanya.

5. Catalytic Converter yang Lepas

Catalytic converter adalah salah satu komponen penting sebuah mobil yang memiliki fungsi tak jauh beda dari filter udara, yaitu menyaring kotoran yang berasal dari aliran gas pembuangan knalpot. Catalytic converter yang dilepas tentunya akan sangat berpengatuh terhadap borosnya BBM. Meski akhirnya performa mesin mobil akan semakin sempurna dan lebih cepat, tentu saja hal ini akan membuat BBM boros dan cepat habis.

Cara Mengatasi BBM Boros Supaya Lebih Hemat

Setelah mengetahui penyebab mobil boros BBM, hal lain yang tak kalah pentingnya dalam berkendara adalah mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini beberapa tips yang dalam dilakukan untuk mengatasi penyebab mobil boros BBM, antara lain:

1. Panaskan mobil dengan waktu yang relatif singkat

Mobil yang dipanasakan terlalu lama akan mengakibatkan bensin cepat habis dan boros. Panaskan mobil kurang lebih 1-2 menit saja sebelum digunakan.

2. Isi BBM di Pagi Hari

Setiap SPBU menyimpan volume BBM di tangki bawah tanah. Di pagi hari, kondisi tanah yang dingin akan menyebabkan suhu bensin padat dan kental. Hal ini akan mempengaruhi kuantitas bensin yang diisikan ke mobil menjadi lebih penuh dibandingkan dengan mengisi bensin pada siang hari.

Baca juga : Penyebab Mobil Pincang dan Cara Mengatasinya

3. Pastikan Ban Tidak Kempes

Seperti dijelaskan di atas, ban yang tidak terpompa dengan benar dapat menyebabkan bahan bakar terpacu untuk keluar lebih banyak dari biasanya. Lakukan pengecekan pada ban sebelum melakukan perjalanan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Servis mobil secara berkala

Jaga terus performa mobil dengan melakukan servis pada bengkel resmi secara berkala untuk menghindarkan mobil dari kerusakan dan pemborosan BBM. Pengecekan dan perbaikan yang kontinyu juga tentunya akan membuat kualitas mobilmu semakin keren.

5. Jaga kebersihan filter udara

Filter udara adalah hal penting yang mempengaruhi cepat atau tidak habisnya bahan bajkar. Lakukan pembersihan filter secara rutin untuk menjaga agar mobil selalu irit BBM dan juga terjaga kebersihannya.

6. Lakukan pengisian BBM sebelum terlambat

Pengisian BBM yang terlambat juga akan memperburuk performa mobil sehingga mengakibatkan boros BBM. Lakukan pengisian bahan bakar saat BBM dalam kondisi minimal setengah.

Itulah tadi beberapa tips cara mengatasi dan penyebab mobil boros BBM yang perlu kamu ketahui agar kualitas mobilmu semakin keren dan menarik. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *