Penyebab Mobil Bergetar Saat Jalan dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Automilenia.com – Mobil yang bergetar saat berjalan tentunya akan mengganggu ketenangan pengendara dan penumpangnya. Selain itu kamu juga mungkin akan mengalami kepanikan saat mobil yang kamu kendarai mendadak bergetar ketika perjalanan berlangsung. Penyebab Mobil Bergetar Saat Jalan seharusnya diketahui oleh para pengendara mobil untuk menghindari getaran yang tak diduga dan kepanikan yang mungkin dapat mencelakakan.

Banyak pengendara mobil yang mengalami hal ini saat melakukan perjalanan yang mengakibatkan pengendara mobil menghentikan mobil secara mendadak dan mengganggu jalannya lalu lintas. Bagi kamu yang masih baru lancar mengendarai mobil, perlu sekali memperbanyak informasi mengenai penanganan mobil yang bergetar ketika dalam perjalanan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mobil bergetar saat jalan dan tips bagaimana menanganinya. Bukan hanya bagi para pemula yang mengendarai mobil, semoga info dan tips ini juga berguna bagi semua pengendara, ya.

Penyebab Mobil Bergetar Saat Jalan

Mobil bergetar

Merasakan getaran mendadak saat mobil sedang berjalan bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dalam berkendara dan menimbulkan kepanikan yang dapat mencelakaan diri sendiri maupun orang lain. Untuk itu kamu perlu tahu, apa saja penyebabnya, antara lain:

1. Kualitas Ban

Salah satu faktor penyebab mobil bergetar saat jalan adalah kualitas ban. Perhatikan kondisi ban sebelum melakukan perjalanan. Ban yang mempunyai banyak benjolan juga dapat menyebabkan getaran saat perjalanan berlangsung. Tak hanya itu, ban yang sudah rusak dan perlu diganti juga akan  mengakibatkan tergelincir saat mengerem, sekalipun mobil berjalan dengan kecepatan rendah.

2. Kondisi Velg yang Jarang Diperhatikan

Seperti diketahui oleh banyak pengendara mobil, velg merupakan salah satu komponen yang sangat penting dari sebuah mobil. Perhatikan performa velg mobil dengan cara mengeceknya secara berkala. Velg yang rusak akan dapat menyebabkan mobil bergetar secara mendadak dan ketidakseimbangan mobil saat berjalan, yang dapat membahayakan jiwa pengendara dan orang lain.

3. As Roda

As roda termasuk salah satu hal penting dari sebuah mobil yang juga perlu diperhatikan. Lakukan servis secara berkala untuk mengetahui adanya kerusakan pada as roda agar bergetarnya mobil saat berjalan dapat terhindarkan.

Baca juga : Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasi yang Tepat

4. Mesin yang Rusak

Hal lain yang menjadi penyebab bergetarnya mobil saat jalan adalah terjadinya kerusakan pada mesin. Meski kerusakan pada mesin dapat diketahui dengan mudah, namun pemeriksaan performa mesin secara berkala tentu saja akan membantumu menghindarkan diri dari bergetarnya mobil saat melakukan perjalanan. Tali kipas yang mengeras dan terjadinya keretakan juga akan mengakibatkan mobil mogok dan sulit dijalankan. Selain itu, pengisian bahan bakar yang terlambat juga akan menyebabkan mobil cepat rusak dan mengurangi kualitas kerjanya.

5. Kampas Kopling

Hal lain yang menjadi penyeba terjadinya getaran pada mobil saat jalan adalah kampas kopling yang habis. Kampas kopling yang suah habis atau aus akan menyebabkan mobil bergetar. Periksa selalu kualitas kampas kopling mobilmu dan lakukan pengecekan rutin untuk menghindari getaran yang tidak diinginkan saat berkendara.

Selain kampas kopling yang harus diperhatikan, bagian lain yang tak kalah pentingnya adalah Flywheel. Ketidakrataan pada flywheel akan mengakibatkan getaran yang sulit dihindarkan. Untuk melakukan penghalusan pada flywheel, di bengkel-bengkel resmi sudah tersedia sebuah alat modern bernama Dial Gauge.

Cara Mengatasi Mobil yang Bergetar Saat Jalan

Setelah mengetahui penyebab mobil bergetar saat jalan, kini saatnya kamu harus tau, bagaimana cara mengatasi mobil yang bergetar saat jalan agar tidak menimbulkan kepanikan yang parah dan menyebabkan kecelakaan yang tidak diinginkan.

1. Cek Kondisi Mobil

Selalu lakukan pengecekan kondisi mobil setiap kali akan melakukan perjalanan. Salah satu cara mudah dalam melakukan pengecekan mesin mobil adalah dengan membuka busi dan menempelkannya ke logam pada bagian mobil. Jika api yang dihasilkan oleh busi menimbulkan warna biru, maka kualitas busi tersebut sangat bagus. Namun jika warna api yang ditimbulkan adalah merah atau kekuningan, sebaiknya lakukan pergantian dan perbaikan karena busi tersebut tidak dapat lagi digunakan.

Baca juga : Penyebab Mobil Boros BBM dan Cara Mengatasinya Supaya Awet!

2. Karbunator yang Penting

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi mobil yang bergetar saat jalan adalah melakukan pengecekan pada bagian karbunator. Karbunator yang sudah rusak tentu saja akan mengakibatkan getaran pada mobil. Segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan karbunator baru yang layak pakai .

3. Engine Mounting

Engine Mounting merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk menghindari terjadinya getaran pada mobil. Hal yang paling membahayakan adalah ketika karet dan baut engine mounting bergetar pada saat mobil sedang menyala.

Pastikan karet dan baut engine mounting dalam keadaan aman dan tidak bergetar dengan cara mengeceknya sebelum melakukan perjalanan, yaitu dengan menyalakan mesin dan melihat, apakah karet dan baut engine mounting bergetar pada saat mesin dinyalakan.

Itulah tadi beberapa penyebab mobil bergetar saat jalan dan cara mengatasinya yang tepat. Selain beberapa tips di atas, tentunya ketenangan saat berkendara menjadi salah satu faktor penting yang juga perlu diperhatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *