Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian dan Cara Mengatasinya

Automilenia.com – Mungkin diantara kamu ada yang pernah mengalami motor tidak ada pengapian ketika sedang digunakan atau ketika akan digunakan. Jika ini terjadi, pasti motor akan mogok karena tidak ada pengapian yang disalurkan untuk menghidupkan mesin motor.

Jika ini terjadi kamu harus lakukan pengecekan secara terurut dan menyeluruh karena proses pengapian sampai pada nyalanya mesin membutuhkan jalan yang panjang, tapi kamu tidak perlu panik karena disini akan disampaikan cara mengatasinya secara gamblang hehe. Perlu diketahui bahwa pengecekan pada hilangnya pengapian pada sepeda motor harus di cek secara terurut dari yang pertama atau yang mudah memicu hilangnya pengapian, simak dibawah ini :

Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian dan Cara Mengatasinya

Penyebab Motor tidak ada pengapian

1. Accu /Aki

Khusus untuk motor dengan sistem Injeksi, Accu sangat penting untuk proses pengapian dan daya utama sepeda motor. Jika Accu pada motor Injeksi sudah rusak maka dipastikan mesin motor tidak mau nyala, dan sama sekali tidak ada pengapian dan ini sering terjadi. Cara mengatasinya jika motor kamu tidak ada pengapian karena Accu adalah cukup ganti dengan Accu yang baru maka motor kamu akan nyala kembali.

Indikasi bahwa motor Injeksi telah mengalami rusaknya atau habisnya daya Accu adalah dengan ditandai oleh lampu indikator pada motor mati semua tidak ada yang nyala ketika kunci kontak di posisikan On. Jika begini maka hampir dipastikan daya Accu motor kamu habis/rusak.

Berbeda dengan motor bersistem Karburator ya, komponen Accu yang rusak pun mesin motor masih bisa dinyalakan. Jadi Accu bukan penyebab dari terjadinya motor tidak ada pengapian.

2. Bensin

Mungkin ini juga bisa menjadi penyebab motor tidak ada pengapian karena bensin / bahan bakar habis walapun problem ini jarang ditemukan. Kenapa jarang ditemukan, karena lampu indikator bensin akan memberitahukan jika bensin sudah dalam keadaan hampir habis, sehingga si pengendara akan segera mengisi bensin pada tempat pengisian bahan bakar.

Tapi jika indikator bensin pada sepeda motor kamu telah rusak maka bisa terjadi pengapian hilang gara-gara kehabisan bensin, jika demikian ketika motor terjadi mogok, kamu perlu pengecekan pada tangki bensin apakah kosong. Jika kosong cara mengatasinya hanyalah isi kembali tangki bensin kamu dengan bahan bakar seperti biasa.

Baca juga : Penyebab Motor Susah Langsam dan Cara Mengatasinya

3. Busi

Kemudian jika pada poin diatas aman, kamu bisa melakukan pengecekan pada komponen Busi. Lakukan uji coba dengan melepas Busi dari rumahnya, kemudian diluar mesin kamu masukkan kabel Busi kembali dan tempelkan pada blok mesin, coba nyalakan (On) stater motor/ kick stater (engkol) motor apakah ada pengapian pada Busi, jika tidak terlihat ada pengapian maka, penyebab hilangnya pengapian pada motor disebabkan dari komponen lainnya. Tapi jika pada Busi terlihat ada pengapian bagus dengan ditandai oleh warna api (biru) maka kondisi Busi masih dalam keadaan bagus, jadi penyebab motor bisa mogok bukan dari sistem pengapian itu sendiri.

4. Sekring

Penelusuran pada komponen Sekring harus dilakukan jika pada komponen Busi tidak ada pengapian, ditakutkan Sekring sudah putus/rusak. Coba ganti Sekring dengan yang baru berkapasitas standar motor kemudian coba hidupkan motor kembali, jika berhasil maka tidak masalah, jika motor masih tidak hidup coba kamu cek komponen yang lainnya.

5. Rumah Kontak

Komponen ini perlu dicurigai juga karena bisa menjadi penyebab motor tidak ada pengapian, bisa terjadi jika kabel socket lepas atau meleleh. Kamu bisa menggantinya jika sudah rusak atau memasangnya kembali kabel socket yang lepas dengan kencang.

6. Stop Engine

Stop engine biasanya hanya terdapat pada sepeda motor yang dilengkapi komponen ini, seperti motor Vixion, MegaPro, CB150R, dll. Dengan adanya Stop engine Sistem, komponen ini sangat berpengaruh terhadap nyala dan matinya mesin. Ketika motor dihidupkan maka sistem pengapian harus melewati komponen ini, sehingga jika komponen ini rusak atau kotor maka dipastikan tidak ada pengapian yang ditimbulkan. Sehingga cara mengatasi jika terjadi hilangnya pengapian dari Stop engine adalah dengan membuka penutup dan membersihkannya. Dan jika kondisi sudah rusak maka sebaiknya ganti dengan unit baru.

Baca juga : Penyebab Motor Hilang Kompresi  dan Cara Mengatasinya

7. Koil

Jika dicoba dari Stater tidak ada pengapian bisa saja penyebab motor tidak ada pengapian dari komponen Koil. Tapi jika dicoba dengan Kick stater (engkol) juga tidak ada pengapin kemungkinan penyebabnya bukan dari Koil ini. Karena fungsi Koil yaitu untuk melipat gandakan arus listrik dari Accu yang hanya 12 Volt menjadi jauh lebih besar dari itu, bahkan ribuan Volt, kemudian arus tersebut disalurkan ke Busi guna memercikkan api untuk peroses pembakaran.

Jika penyebab Koil yang rusak, sebaiknya ganti dengan komponen yang baru. Tapi bisa juga disebabkan karena kabel Koil yang terlepas atau terputus.

8. CDI

Selain Koil ada juga CDI yang juga komponen utama dalam pengapian sepeda motor. Meskipun jarang terjadi kerusakan pada komponen ini tetapi tidak menutup kemungkinan CDI bermasalah pada sistem pengapian sepeda motor.

Bila kondisi Koil dan CDI bagus, komponen ECU (Electronic Contol Unit) dan Sepul yang harus dicek. Gunakan Multi tester untuk mengecek kondisi Sepul, sedangkan ECU, kalau rusak lampu indikator MIL nya pasti nyala. Cek juga tegangan input daya, termasuk periksa saluran massa.

Semoga informasi Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian dan Cara Mengatasinya ini bisa memecahkan permasalah yang terjadi pada sepeda motor kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *